Kamar Mandi Batu Alam

Pemasangan batu alam untuk desain kamar mandi dapat dibuat dalam berbagai pola. Pola pemasangan yang menarik akan menghasilkan tampilan yang unik. Untuk batu templek, pola pemasangannya bisa berbentuk random, disesuaikan dengan betnyuk batu yang tidak beraturan.

Pola lain adalah susun sirih, zigzag, bujursangkar, atau maju –mundur. Pemasangan batu dengan pola –pola itu harus sesuai dengan desain ruang, serta jenis dan karakter batu. Berikut ini sedikit uraian mengenai karakter beberapa jenis batu.



Batu Candi
Berterkstur kasar dan berwarna lebih gelap jika terkena air. Di tempat penjualan  batu alam biasanya batu candi tersedia dalam variasi ukuran: 10x20cm; 15x30cm; 20x20cm; 20x30cm; 20x40cm; dan 40x40cm.

Batu Paras
Permukaannya lebih halus dari batu candi, tetapi pori-porinya lebih lebar sehingga mudah lembap dan ditumbuhi lumut. Warnanya ada yang kuning, hijau, cokelat, dan putih. Ukurannya 10x10cm dan 20x20cm.

Batu Andesit
Memiliki warna lebih gelap dari paras dengan pori-pori lebih rapt. Ukurannya 5x20cm, 20x40cm, dengan ketebalan 3-4cm.

Batu Koral atau Kerikil
Biasa dijual karungan atau kiloan. Bentuknya ada yang bulat, lonjong, juga pipih. Warna bervariasi: putih, hitam, abu-abu, pink , dan merah. Batu koral dapat ditempelkan atau dihamparkan sebagai penutup lantai atau tanah. Kerikil juga bisa dipakai untuk penutup nat, sebagai variasi keramik.

Foto: iDEA/Richard Salampessy untuk kamar mandi mungil
Lokasi: Hunian Irani Sandryastuti, Pesona Khayangan, Depok, Jawa Barat